PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA PERCETAKAN PENA KARYA KOTA BIMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian produk pada percetakan Pena Karya Kota Bima baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif, dengan sampel 96 responden dengan menggunakan rumus cochran. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling karena jumlah populasi yang tidak diketahui pasti jumlahnya (Unknown Population). Instrumen peneitian menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert dimana tiap pernyataan memiliki bobot nilai yang berbeda. Teknik pengumpulan data dengan cara kusioner, wawancara dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda, korelasi berganda, uji asumsi klasik, uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial yang dibuktikan dengan nilai uji t sebesar 2,095 dan Sig 0,039. Sedangkan harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial dengan nilai uji t 2,992 dan Sig 0,004. Selanjutnya promosi dan harga mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara simultan dengan nilai uji F sebesar 11,037 dan Sig 0,000.